Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Camping

Berkemah menjadi salah satu cara untuk lebih menikmati alam sesungguhnya sekaligus belajar untuk mencintai lingkungan dan menikmati suasana yang masih alami. Selain itu, berkemah menjadi cara yang paling efektif untuk ‘menepi’ dan mencari ketenangan pikiran dari berbagai hiruk pikuk dan kebisingan perkotaan.

Saat ini, camping juga sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan yang mencari alternatif suasana lain yang jauh dari keramaian untuk lebih menikmati suasana alam yang tenang agar ketika usai berkemah, pikiran dan tenaga sudah benar-benar fresh kembali.

Saat berkemah pula, banyak aktivitas yang bisa kita lakukan khususnya untuk merefresh kembali pikiran terlebih ketika berkemah atau camping bersama teman dengan berbagai aktivitas di alam terbuka yang tak kalah menyenangkan.

Belajar Menghargai Alam

Menanam Pohon

Dengan camping, kita bisa belajar menghargai alam dan lingkungan yang juga berperan penting untuk kelangsungan hidup umat manusia seperti hutan sebagai kawasan habitat berbagai jenis satwa dan flora yang sudah masuk dalam kategori langka.

Selain itu, kawasan hutan maupun gunung juga menjadi daerah tangkapan air (catchment area) yang berperan penting untuk mensuplai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu kita bisa belajar menghargai alam termasuk menjaga kelangsungan dan kelestariannya untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Caranya bisa dengan melakukan penanaman pohon dan melakukan aktivitas seperti membersihkan sampah yang ada di sekitar kawasan hutan.

Api Unggun

Membuat Api Unggun

Menikmati api unggun adalah aktivitas yang wajib dilakukan saat berkemah, selain itu fungsi api unggun juga tak hanya dijadikan sebagai sarana mengakrabkan diri bersama teman tapi juga bisa digunakan untuk memasak air atau menanak nasi untuk kebutuhan pangan selama berkemah.

Tak hanya itu saja, dengan membuat api unggun juga efektif untuk menghangatkan tubuh juga untuk menghindari kemungkinan terjadinya serangan hewan buas yang masuk ke dalam lokasi camping.

Selain itu, banyak juga permainan yang bisa dilakukan di sekitar api unggun seperti membakar ikan atau duduk mengitari api unggun untuk menciptakan suasana lebih akrab dengan teman ataupun keluarga.

Tapi, setelah berkemah pastikan api unggun yang dibuat sudah benar-benar mati dan tidak memiliki bara karena kawasan hutan sangat rentan terjadi kebakaran khususnya di musim kemarau. Daun, ranting maupun rerumputan kering bisa menjadi media penghantar api paling cepat.

Teknik Survival

Survival

Saat berkemah juga tak ada salahnya untuk belajar teknik survival di alam liar, dengan memanfaatkan apa saja yang ada di hutan untuk bertahan hidup seperti cara menghidupkan api, mencari makan atau mendapatkan air bersih.

Tak hanya itu saja, kita juga bisa belajar cara mengindari hewan buas, atau membangun tempat berlindung dari kemungkinan hewan liar atau cuaca yang tidak menentu hingga cara mengolah hewan atau tanaman agar bisa di makan tanpa harus khawatir keracunan.

Dengan belajar cara bertahan hidup di alam liar ini bisa jadi pelajaran penting dan berharga jika sewaktu-waktu kita mengalami kondisi ini, kita sudah benar-benar siap menghadapinya.

Memancing

Memancing

Umumnya setiap lokasi camping pasti terdapat sumber air yang masih alami termasuk menjadi tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas memancing ikan sebagai salah satu bahan pangan saat berkemah.

Aktivitas yang menguji kesabaran ini bisa dilakukan saat tengah berkemah sambil menunggu senja menjelang untuk kemudian membakar ikan hasil tangkapan yang masih segar di api unggun tentunya akan memberikan kenikmatan tersendiri.

Treking

Treking

Bagi pecinta lingkungan, treking menjelajah keindahan hutan maupun gunung juga menjadi kegiatan saat berkemah yang paling efektif. Selain bisa mengetahui beragam jenis flora dan fauna yang ada di hutan juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mencari spot paling baik untuk menikmati keindahan lingkungan di sekitar lokasi camping.

Tapi, sebelum melakukan treking ada baiknya mempersiapkan kondisi fisik serta menandai tiap jalur yang dilewati agar tidak tersesat dan hindari pula kawasan hutan yang masih relatif alami dan belum terjamah manusia karena biasanya tempat itu menjadi lokasi habitat satwa liar termasuk hewan buas.

Mendaki

Mendaki Tebing

Sebagaimana kawasan pegunungan dengan tingkat kecuraman yang bervariatif juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang menguji adrenalin dengan mendaki tebing untuk bisa ditaklukan.

Tapi pastikan sebelum aktivitas mendaki gunung dilakukan, siapkan pula perlengkapan pendukung seperti tali, harnes hingga bekal yang cukup untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan hindari juga tebing yang terlalu curam dengan tingkat kemiringan yang tinggi.

Aktivitas ini pula tak disarankan untuk pemula atau bisa juga didampingi oleh teman yang memang sudah profesional dan memiliki keahlian yang memadai tentang teknik mendaki.

Menulis

Menulis

Aktivitas seru lain yang bisa dilakukan adalah menulis setiap detail perjalanan untuk dijadikan sebagai bahan artikel di blog atau bahkan bisa dijadikan sebagai latar untuk membuat cerpen tentang petualangan sembari menikmati keindahan alam.

Mencari inspirasi atau ide untuk menulis saat berkemah akan sangat mudah dilakukan karena suasana yang dihadirkan sangat mendukung untuk membangun mood membuat tulisan.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat berkemah baik bersama teman atau sendiri, yang harus diingat sebelum memutuskan untuk berkemah adalah memberikan kabar baik kepada keluarga maupun kepada petugas penjaga hutan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, penting juga untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga lingkungan yang menjadi lokasi camping tetap bersih dan asri tanpa harus melakukan perusakan seperti mencoret pepohonan atau meninggalkan bekas api unggun yang masih terdapat bara api.

Leave a Reply

Your email address will not be published.