Destinasi Wisata di Kota Tua Jakarta Terbaik

Kota tua merupakan salah satu ikon dari Jakarta yang menampilkan banyak keindahan khas tempo dulu. Ada beberapa destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi ketika sedang berada di kota tua. Simak ulasan berikut mengenai apa saja wisata di kota tua Jakarta yang merupakan destinasi terbaik.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah – Sumber foto

Tempat wisata pertama yang patut untuk Anda kunjungi di wilayah Kota Tua Jakarta adalah Museum Fatahilah. Museum ini mempunyai arsitektur bangunan menyerupai Istana Dam yang ada di Amsterdam, Belanda.

Museum Fatahillah mempunyai koleksi berupa prasasti nisan orang Belanda yang di area taman belakangnya. Di samping itu, Anda juga bisa mencoba untuk melihat Meriam Si Jagur di museum ini. Harga tiket untuk masuk ke Museum Fatahillah ini sangat murah, yaitu 5 ribu rupiah saja per orang.

Rumah Akar

Rumah Akar Kota Tua. Sumber foto

Rumah akar pada mulanya merupakan sebuah bangunan yang dijadikan sebagai gudang, namun saat ini sudah beralih fungsi. Bangunan tua peninggalan Belanda ini merupakan sebuah rumah yang ditumbuhi pohon dengan akar menjalar.

Tempat wisata di Kota Tua Jakarta ini sangat cocok dijadikan sebagai spot untuk mengadakan pemotretan, termasuk yang seperti prewedding. Sangat disarankan untuk mengunjungi rumah akar ini sebelum sore hari agar suasana di dalam bangunan tersebut tidak gelap dan pengap.

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan. Sumber foto

Wisata di Kota Tua Jakarta berikutnya yang cocok untuk Anda pilih adalah Jembatan Kota Intan. Tempat ini merupakan jembatan tertua di Indonesia yang merupakan peninggalan Belanda. Jembatan Kota Intan ini sudah mulai dibangun sejak tahun 1628 oleh Belanda.

Jembatan Kota Intan merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kota Tua Jakarta. Tempat wisata ini mempunyai arsitektur bangunan yang cukup unik, sehingga cocok apabila Anda ingin mengambil gambar dengan suasana vintage di Jembatan Kota Intan tersebut.

Petak Sembilan Pecinan Glodok

Pecinan Petak Sembilan. Sumber foto

Bagi Anda yang ingin menikmati tempat wisata dengan suasana Tiongkok di area Kota Tua, maka bisa mencoba untuk mengunjungi Petak Sembilan Pecinan Glodok. Tempat wisata satu ini sebenarnya merupakan daerah dengan mayoritas penghuni dari etnis Tionghoa.

Petak Sembilan Pecinan Glodok ini juga mempunyai beberapa klenteng, sehingga menciptakan suasana seperti di Tiongkok, terutama malam hari. Tempat wisata yang satu ini semakin ramai pengunjung terutama pada saat perayaan hari besar etnis Tionghoa.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia. Sumber foto

Satu lagi wisata di Kota Tua Jakarta yang bisa Anda pilih untuk menghabiskan waktu liburan, yaitu Museum Bank Indonesia. Museum yang satu ini mempunyai banyak spot menarik untuk dikunjungi, mulai dari ruang emas moneter, numismatik, perenungan hijau, playmotion, teater, hingga sejarah.

Ruang sejarah yang ada di museum ini dikhususkan untuk mengenalkan mengenai perjalanan dari Bank Indonesia. Penjelasan dari ruangan ini akan dilengkapi dengan penjelasan lengkap mengenai Bank Indonesia yang ada di spot lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.