Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri

Gunung Gede Pangrango. Sumber foto

Ketika ingin mendaki Gunung Gede Pangrango, kamu harus tahu bahwa ada 3 jalur yang dapat dilewati yakni via Gunung Putri, Cibodas dan juga melalui Selabintana. Banyak pendaki memilih untuk lewat Cibodas, karena di jalur ini ada cukup banyak spot wisata menarik dan tentunya sumber air berlimpah yang dapat kamu temukan. Namun, tak sedikit pula yang memulai Rute pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri.

Saat memulai rute melalui Gunung Putri, kamu akan bertemu dengan pos yang bisa dibilang sangat bagus yakni di Alun-alun Surya Kencana. Di sini ada banyak sekali bunga Edelweis yang tumbuh dan biasanya menjadi tempat paling favorit bagi para pendaki untuk mendirikan tenda serta menikmati pemandangannya. Jika kamu ingin mendaki Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri, maka sebaiknya harus tahu dulu rute pastinya agar tidak melakukan kesalahan. Oleh karenanya, berikut ini dijelaskan secara singkat mengenai rute yang akan diambil saat melewati Gunung Putri. Mari simak!

Basecamp ke Legok Leunca

Dari basecamp, kamu akan menuju ke Legok Leunca di mana memakan waktu kurang lebih 1,5 jam-an. Kamu akan melewati beberapa pemukiman warga setempat dan bisa menikmati bagaimana sejuknya udara di awal perjalanan. Saat melakukan perjalanan ini, kamu akan menemukan saung yang dapat dipakai oleh para pendaki untuk beristirahat sebelum kemudian melanjutkan perjalanan lagi hingga sampai ke Legok Leunca atau Pos 1.

Legok Leunca ke Buntut Lutung

Saat selesai beristirahat di Pos 1, berikutnya kamu harus melanjutkan perjalanan ke Pos 2 di mana menuju ke Buntut Lutung. Nantinya dari sini perjalanan akan semakin berat, karena jalannya pun sudah mulai menanjak ditambah lagi melalui jalur Gunung Putri ini agak sulit ditemukan sumber air. Waktu yang diperkirakan dari Legok Leunca untuk sampai ke Buntut Lutung kurang lebih 1,5 jam juga.

Buntut Lutung ke Lawang Sekateng

Perjalanan dari Buntut Lutung kemudian dilanjutkan ke Lawang Sekateng dengan estimasi sampai kurang lebih 1,5 jam. Di sini kamu harus bisa menyiapkan diri dengan baik karena treknya sudah mulai sulit, dengan jalan menanjak tanpa bidang datar ditambah dengan adanya pepohonan dan akar-akar besar yang ada di jalan membuat tempat ini sangat sulit dilewati.

Lawang Sekateng ke Simpang Maleber

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Simpang Maleber kurang lebih juga 1,5 jam, itu pun jika kamu tidak beristirahat di sana. Trek dari jalur ini masih sama sulitnya dan tentu saja ada banyak pepohonan rindang serta akar yang akan membuat perjalananmu semakin sulit. Namun, sesulit apapun melalui rute ini, semuanya akan terbayar dengan baik saat kamu sudah berhasil mencapai puncak dan menikmati keindahan dari gunung satu ini.

Simpang Maleber ke Alun-alun Surya Kencana

Setelah melewati trek yang begitu melelahkan dengan perjalanan menanjak dan juga akar-akar di sepanjang jalan, semua kelelahan yang kamu rasakan bisa terbayar di Alun-alun Surya Kencana. Di sini merupakan tempat favorit para pendaki, karena bukan hanya medannya yang datar saja, tapi di sini kamu juga akan disuguhi dengan keindahan bunga edelweis yang tumbuh di sekitaran.

Ada sungai kecil yang mengalir dan berasal dari Puncak Gunung Gede. Para pendaki kerap kali beristirahat dan mendirikan tenda di tempat ini untuk sekedar menikmati pemandangan dan melepas lelah sebelum kemudian nantinya memutuskan untuk summit ke puncak Gunung Gede. Estimasi waktu dari Simpang Maleber hingga sampai ke Alun-alun Surya Kencana kurang lebih sekitar 1 jam saja.

Alun-alun Surya Kencana ke Puncak Gunung Gede Pangrango

Dari Alun-alun Surya Kencana, setelah beristirahat dan menikmati santapan kamu bisa membereskan tenda dan semua perlengkapan untuk kemudian menuju ke Puncak Gunung Gede. Ingatlah untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah apapun saat berkunjung ke gunung di mana saja. Kamu harus bisa menjaga kelestarian alam dan peduli terhadap hal-hal kecil semacam membersihkan sampah dengan baik.

Perlu kamu ketahui untuk sampai ke puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menitan. Tapi tentunya trek yang dilalui pun tidak akan mudah. Tapi semuanya akan terasa cukup ringan karena bisa jadi ada juga pendaki lain yang sama-sama sedang menuju puncak, sehingga bisa mengobrol dan berbagi cerita. Dengan begitu maka perjalanan pun tidak akan terasa melelahkan.

Demikianlah rute pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri yang dapat dilewati oleh para calon pendaki. Karena melihat treknya yang lumayan sulit, maka kamu harus melakukan latihan fisik terlebih dahulu sebelum memulai pendakian agar lebih mudah saat di perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.