Museum Purbakala Sangiran, Menelisik Masa Purba Manusia

Museum Sangiran. Sumber foto

Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar kata “Museum”

Barang-barang kuno? Tempat yang membosankan? Panas? 

Eiitss, tunggu dulu. Jika kalian masih berpikir seperti itu, artinya kalian harus berkunjung ke Museum Sangiran Sragen. 

Museum Purbakala Sragen memiliki koleksi fosil-fosil purbakala terbesar di Indonesia berada sekitar 17 km dari kota Solo, tepatnya di desa Krikilan, kecamatan Kalijambe, kabupaten Sragen, Jawa Tengah.  Museum ini sudah menjadi museum modern dengan tata letak dan tentunya ruangan yang sangat nyaman dengan AC dan juga kebersihan yang terjaga. 

Tidak hanya menjadi obyek wisata, situs Sangiran Sragen juga menjadi tempat penelitian kehidupan pra sejarah terlengkap di Asia, bahkan dunia. Situs Sangiran tempat ditemukannya fosil-fosil purbakala pun dijadikan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. 

Harga Tiket Masuk (HTM) Museum Purbakala Sangiran

Untuk dapat menikmati koleksi Museum Purbakala Sangiran, wisatawan dikenakan biaya harga tiket masuk sebesar Rp5.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp11.500/orang untuk wisatawan mancanegara.

Jam Buka Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran beroperasi setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 09.00-16.30 WIB. 

Jika kalian mencari informasi lebih lanjut, ada lama website resmi yang menjelaskan secara singkat mengenai museum yaitu www.museumindonesia.com/museum/19/1/Museum_Purbakala_Sangiran_Sragen dan juga akun instagram resmi @sangirankita. Jangan lupa untuk update secar berkala tentang hari operasional Museum Purbakala Sangiran selama pandemi Covid-19 yaa …

Yang Menarik di Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran memiliki koleksi fosil yang ditampilkan sebanyak 2.931 pada tahun 2019, sedangkan fosil yang ditemukan mencapai kurang lebih 13.000 fosil. Fosil-fosil yang ditemukan ini diperkiraan berasal dari kehidupan puluhan ribu bahkan sampai jutaan tahun lalu. Berbagai fosil yang bisa dilihat di Museum Sangiran, antara lain fosil manusia, seperti fosil Australopithecus africanus (replika) sampai Homo sapiens

Selain fosil manusia, ada juga fosil binatang bertulang belakang seperti Elephas namadicus (gajah) dan Rhinoceros sondaicus (badak). Kemudian, ada juga fosil binatang laut dan air tawar seperti Crocodillus sp (buaya) hingga Moluska (kelas Pelecypoda dan Gastropoda). Selain fosil makhluk hidup, terdapat juga batuan dan artefak batu. 

Tidak hanya menyuguhkan koleksi fosil, Museum Purbakala Sangiran juga menyediakan tempat yang memadai untuk fasilitas pendidikan seperti laboratorium, gudang fosil, dan perpustakaan. Untuk segi wisata, para wisatawan juga bisa menikmati diorama tentang kehidupan pra sejarah di ruang audio visual. 

Fasilitas Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran Sragen ini memiliki lima kluster, yaitu Museum Sangiran klaster Krikilan, klaster Dayu, klaster Bukuran, klaster Ngebung, dan klaster Manyarejo. Museum Sangiran klaster Krikilan merupakan salah satu koleksi terlengkap dengan fasilitas penunjang yang memadai. 

Ada beberapa fasilitas di dalam museum seperti ruang pameran koleksi yang nyaman dengan AC, ruang audio-visual, perpustakaan, laboratorium, dan gudang penyimpanan. Semuanya dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan. Selain itu, fasilitas umum seperti toilet, musholla, area parkir juga ada di area museum. Bagi kalian yang ingin membawa pulang suvenir, jangan takut, di area parkir Museum Sangiran sudah berjejer toko-toko suvenir yang menjual berbagai macam jenis kerajinan tangan, terutama aksesoris bebatuan yang bahan bakunya diambil langsung dari Kali Cemoro. 

Oiya, Museum Purbakala Sangiran juga membuka Virtual Tour Museum Sangiran loh, kalian dapat mengaksesnya di sini https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/virtualmuseum/sangiran_ID/index.html 

Ada juga beberapa spot foto yang instagram-able loh! Kalian bisa berfoto dan tentu saja mengupload-nya di media sosial sebagai kenang-kenangan dan jangan lupa ajak teman-temanmu juga untuk berkunjung ke Museum Purbakala Sangiran. 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo ke Museum Purbakala Sangiran!

Tips Berwisata ke Museum Purbakala Sangiran 

Supaya lebih nyaman ketika menyelusuri museum, yuk simak tips-tips berikut:

  1. Kunjungilah ruang pameran secara berurutan. Museum Purbakala Sangiran memiliki 3 ruang pameran, yaitu ruang pameran tentang jenis fosil yang ditemukan di situs Sangiran, ruang kedua berisi tentang manusia purba, dan ruang ketiga kalian akan disuguhkan penjelasan mengenai masa emas kehidupan Homo Erectus. Kalian juga bisa menyewa tour guide loh, agar penjelasannya lebih lengkap. Oiya, jangan lupa nonton diorama! 
  2. Jangan berisik dan selalu perhatikan tanda peringatan. Kalian tidak mau kan sampai merusak dan berurusan dengan pihak berwenang? Ingat, setiap sisi museum memiliki CCTV.
  3. Selalu memakai masker dan menjaga kebersihan museum yaa.
  4. Terakhir, jangan lupa selalu jaga barang bawaan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.