Wisata Edukasi Sekaligus Estetik di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu. Sumber foto

Anda tengah berencana berlibur ke Yogyakarta? Maka wisata edukasi sekaligus estetik di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta wajib menjadi list tujuan Anda. Meski berbasis museum dan edukasi namun tentu saja berwisata ke Museum di Yogyakarta ini akan membuat pengunjung merasakan sensasi yang berbeda. Lokasi yang berada di daerah Kaliurang, sunyi, sepi dengan pepohonan rindang akan membawa pengunjung merasakan sensasi berwisata edukasi namun unik. 

Tak hanya itu, ornamen yang ada pada museum ini juga sangatlah unik untuk berfoto. Anda bisa mengambil foto estetik disetiap sudut area museum yang terkenal sangat syarat akan budaya. Nah kira-kira untuk jam buka, lokasi, tiket masuk serta akses jalan ke museum tersebut bagaimana? Jangan khawatir detail informasinya sebagai berikut. 

Mengenal Sejarah Keraton Solo dan Yogyakarta

Untuk Museum Ullen Sentalu sendiri merupakan sebuah lokasi yang sangat pas untuk mengenal sejarah Keraton Solo serta Yogyakarta sejak zaman dahulu hingga hari ini. Pada setiap detail lokasi di museum ini memuat informasi terkait perkembangan, persebaran hingga kehidupan ala Keraton yang unik serta sarat akan makna budaya yang dalam. Pengunjung di sini bisa mendapatkan informasi sosial, budaya dan sejarah yang sangat kaya sehingga cocok jika ingin membawa serta anak agar semakin mencintai budaya negerinya sendiri.

Jam Operasional

Untuk jam operasional dari museum ini sendiri adalah berlangsung dari pagi hari hingga sore hari saja. Yaitu pada pukul 08.30 WIB pagi hingga 15.15 WIB sore, dan hanya beroperasi pada hari Selasa hingga Minggu saja karena hari Senin adalah hari libur. Biasanya pengunjung akan menghabiskan waktu di dalam museum dan sekitar museum selama 2 jam lamanya untuk menikmati keindahan, panorama dan informasi budata dari Ullen Sentalu.

Lokasi Museum

Untuk alamat dari lokasi museum ini sendiri mudah untuk diakses dan ditemukan apalagi jika gunakan Google Maps. Alamat Ullen Sentalu adalah di Jalan Boyong no. 25, Kaliurang, Harboninangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu saja lokasi ini bisa dengan mudah diakses oleh kendaraan seperti motor, mobil, bus kecil hingga bahkan sepeda, banyak lho yang mengunjungi museum ini sembari bersepeda karena lokasinya sangat asri.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk harga masuk ke museum ini adalah pada kisaran harga Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 sudah termasuk guide yang bisa menjelaskan bagaimana detail sejarah Keraton Yogyakarta dan Solo. Fasilitas yang bisa didapatkan tentu saja adalah lahan parkir luas, guide, lokasi istirahat, toilet hingga restauran. Dengan banyaknya fasilitas serta kemudahan di sini, maka Anda sekeluarga bisa rasakan liburan ala edukasi namun tetap hits bukan?

Nah itulah di atas adalah beberapa ulasan mengenai Museum Ullen Sentalu yang ada di Yogyakarta dan bisa Anda jadikan pilihan wisata hidden gem yang unik. Tak hanya bisa memberikan informasi edukasi, museum ini juga bisa menjadi latar belakang foto estetik yang sangat unik. Lokasi yang asri serta akses yang mudah akan memungkinkan wisatawan baik lokal atau internasional untuk berkunjung lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.