Rekomendasi Film Bertema Traveling

Bertualang menikmati alam bebas untuk menemukan jati diri kita sesungguhnya saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Mereka memilih mengasingkan diri sejenak di hutan, pegunungan hingga alam yang masih alami dan belajar teknik survival tanpa harus mengandalkan perlengkapan pendukung hingga mencoba melepas ketergantungan dari kecanggihan teknologi yang serba memudahkan.

Tujuannya adalah untuk mencari ketenangan setelah beraktivitas panjang setiap hari agar ketika kembali dari petualangan itu, kita sudah benar-benar jauh lebih siap dan lebih optimis termasuk menghadapi kenyataan hidup seburuk apapun. Selain itu, tentu saja belajar untuk menghargai apapun yang ada di sekitar kita termasuk mencintai alam sebagai bagian yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Trend seperti ini awalnya terinspirasi oleh berbagai kisah menarik termasuk film-film bergenre khusus yang mengisahkan tentang perjalanan ke berbagai tempat termasuk di alam liar untuk mencari makna hidup hingga mencari ‘dunia lain’ yang sebelumnya tak pernah terbayangkan dalam hidup yang menawarkan berbagai keindahan alami atau bahkan belajar menghargai dan mencintai alam.

Kisah-kisah yang menginspirasi inilah yang kemudian dijadikan sejumlah film bertema traveling yang tak hanya sekedar menyajikan kisah pemerannya saja tapi menampilkan berbagai latar keindahan alam hingga belajar memaknai alam dan bertahan hidup di alam yang masih liar.

Berikut beberapa film bertema traveling dengan alur yang ringan dengan latar alam yang mempesona yang bisa dijadikan rekomendasi;

The Bucket List (2007)

The Bucket List (2007)

Membaca judulnya saja, kita pasti sudah memahami bahwa film ini mengisahkan tentang list berbagai macam hal yang ingin dilakukan dalam hidup. Dua aktor terkenal Morgan Freeman dan Jack Nicholson memainkan perannya secara apik sebagai dua orang pengidap kanker akut yang ingin sekali melakukan berbagai aktivitas yang belum pernah mereka lakukan sepanjang hidupnya sebelum meninggal.

Di film ini, penonton diajak untuk belajar menaklukkan rasa takut dengan cara yang unik yang dilakukan oleh kedua aktor gaek tersebut, termasuk belajar untuk menikmati hidup yang hanya sekali menjadi lebih bermakna.

Dengan alur yang ringan, dan diselingi dengan humor-humor satir yang sering dijumpai sehari-hari, penonton tidak akan merasa bosan mengikuti kisahnya hingga film ini selesai, bahkan film ini tetap menarik untuk ditonton berulang kali.

The Way (2011)

The Way (2011)

 The Way menjadi film tentang traveling yang amat menyentuh hati. Film ini bercerita tentang sosok seorang ayah yang harus kehilangan putranya yang meninggal saat sedang berpetualang di alam bebas. Setelah kematian anaknya, Tom akhirnya memilih untuk melanjutkan petualangan sang anak yang belum selesai.

Sisi yang paling menyentuh adalah ketika Tom selalu menaburkan abu sang anak di setiap perjalanannya agar sang anak bisa ikut menikmati perjalanan bersama Tom. Tak hanya berlatar tentang Tom yang kehilangan anak dan melanjutkan petualangan yang belum selesai, film ini juga mempertemukan Tom dengan tokoh lain yang juga memiliki tujuan petualangan yang sama dengan berbagai kisah hidup yang juga mengharukan.

Selain berlatar tentang kecintaan seorang ayah yang kehilangan anaknya, film ini juga menampilkan latar berbagai pemandangan alam dan tempat-tempat yang eksotis yang sangat memanjakan mata penonton.

Walk in The Woods (2015)

Walk in The Woods (2015)

Film yang diambil dari kisah nyata ini menyajikan keseruan seorang penulis yang berpetualang di alam liar pegunungan Amerika. Petualangan ini dilakukan Bill Bryson untuk menemukan arti kehidupan dan jati dirinya yang lama tinggal dengan suasana perkotaan di Inggris.

Keinginan yang dilakukan ini sangat bertentangan dengan usia Bill Bryson yang sudah tidak muda lagi bahkan terbilang nekat. Ia bahkan mengajak teman karibnya Stephen Katz untuk bertualang di alam liar dengan latar pemandangan pegunungan Alaska yang masih alami dan sangat menantang apalagi untuk kedua tokoh film yang sudah tidak muda lagi.

Banyak inspirasi yang didapat dari film ini, selain menyajikan alur cerita yang menghibur, film ini mengajak siapapun untuk merenungi untuk apa hidup ini ada dan bagaimana cara menikmatinya.

The Beach (2000)

The Beach (2000)

Film ini memiliki tema yang terbilang lengkap, selain berkisah tentang perjalanan seorang remaja, film ini juga menyajikan cerita petualangan yang dilakukan oleh Richard yang diperankan secara apik oleh Leonardo Di Caprio dengan latar keindahan pariwisata Thailand yang mempesona.

Cerita dimulai ketika Richard berlibur ke Thailand dengan berbagai aktivitas wisata yang menurutnya sangat menjemukan, hingga akhirnya di sebuah penginapan sederhana, Richard bertemu dengan seorang pecandu ganja yang bercerita tentang sebuah pantai yang masih alami dan dihuni oleh sedikit komunitas yang merahasiakan keberadaan tempat itu.

Keesokan harinya, Richard mendapati orang tersebut telah tewas bunuh diri dan menemukan sebuah peta di kamar orang yang baru dikenalnya itu, yang menjadi petunjuk lokasi yang pernah diceritakan orang tersebut.

Karena penasaran, Richard pun mencari keberadaan lokasi tersebut bersama sepasang kekasih asal Prancis yang sedang berlibur di Thailand. Berbagai tantangan mereka hadapi, mulai dari dikejar kawanan penjahat hingga berenang menyeberangi laut lepas yang menjadi habitat kawanan hiu.

Hingga akhirnya, mereka berhasil menemukan pantai rahasia berikut sekelompok orang dari berbagai negara yang memilih tinggal di pantai yang terpencil tersebut.

Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karangan Alex Garland ini tak hanya menyajikan kisah petualangan dan percintaan Richard tapi juga menampilkan latar keindahan sebuah pantai yang terkenal dengan nama Maya Bay di Pulau Koh Pho Phi Leh yang menjadi latar utama film ini.

The Tracks (2013)

The Tracks (2013)

Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang perempuan introvert yang penyendiri melintasi gurun pasir Australia yang tandus sejauh 1. 700 mil untuk menikmati keindahan gurun pasir luas seorang diri.

Robin yang menjadi tokoh utama dalam film itu bertualang mengarungi ganasnya gurun pasir yang gersang dan berbagai hewan liar dengan hanya ditemani seekor anjing kesayangan dan empat ekor unta.

Di film ini kita akan menikmati karakter Robin yang berdialog dengan anjing kesayangannya termasuk dengan unta yang ia bawa yang sudah menganggap hewan-hewan ini sebagai teman hidupnya.

Selain itu, penonton juga akan diajak menikmati keindahan gurun pasir yang sangat luas, termasuk hal-hal yang belum pernah dilihat yang ada di padang pasir seperti flora dan faunanya yang terbilang kaya termasuk belajar bertahan hidup di tempat yang paling ekstrem sekalipun.

Into The Wild (2007)

Into The Wild (2007)

Film berlatar petualangan di alam liar ini menyajikan kisah seorang pemuda bernama Christopher Mc Candless yang memilih hidup sebagai petualang dengan mengandalkan teknik bertahan hidup secara alami dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam hutan sendirian.

Tokoh Chris yang diperankan oleh Emilie Hirsch hidup sendiri, termasuk belajar mengolah berbagai jenis tanaman untuk dijadikan makanan hingga akhirnya tewas akibat salah mengolah tanaman yang mengandung racun.

Film berlatar hutan liar Amerika ini sangat menyentuh hati tentang bagaimana sosok Chris memilih pergi dari keramaian untuk menikmati kesendiriannya di hutan dan tinggal di sebuah mobil van rusak di tengah hutan.

Itulah beberapa rekomendasi film bertema traveling yang bisa dijadikan daftar tontonan menarik sebelum memutuskan untuk memulai petualangan seru dengan mengambil pesan penting yang ingin disampaikan dari tiap film tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.