Rekomendasi Kamera untuk Traveling

Tak lengkap rasanya saat berlibur jika tak membawa kamera untuk mengabadikan berbagai momen penting dan penuh kenangan saat traveling ke berbagai daerah wisata. Selain itu, jika hanya mengandalkan kamera ponsel yang walau sudah dilengkapi dengan fitur canggih namun rasanya masih terasa kurang karena umumnya kamera profesional jauh lebih layak dijadikan teman saat traveling agar lebih maksimal menonjolkan keindahan tiap obyek wisata sekaligus mengasah kemampuan untuk menentukan angle foto yang paling bagus.

Dari sekian banyak kamera profesional yang beredar saat ini, umumnya sudah memadai untuk dijadikan sebagai perlengkapan penting saat berwisata, tapi tak ada salahnya menyimak beberapa rekomendasi kamera yang paling ideal untuk mengabadikan momen seru saat berwisata.

Berikut rekomendasi kamera disertai dengan keunggulan yang ada pada fitur tiap-tiap kameranya;

Sony Cyber Shot

Sony CyberShot RX100

Bentuknya yang simpel dan mudah dibawa kemana saja, membuat kamera poket buatan Sony ini memang sangat bisa diandalkan sebagai travel photography. Pada tipe Sony Cyber Shot RX 100 terdapat sensor gambar khusus hingga 1 inci yang bisa digunakan bahkan di obyek wisata yang minim pencahayaan (low light) sekalipun yang tidak dimiliki oleh kamera ponsel.

Selain itu, kamera Sony Cyber Shot RX 100 ini juga sudah terdapat lensa tele dengan ukuran 24 – 200 mm dengan bukaan cahaya hingga f 2.8 – 4-5 dengan kemampuan zoom hingga 8 kali pembesaran tanpa mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Sony Cyber Shot ini juga sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh (touch screen) dengan sudut pandang elektrik yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur video dengan fasilitas slow motion.

Panasonic Lumix

Panasonic Lumix DMC FZ1000

Panasonic mengeluarkan kamera profesional bertipe lumix yang canggih di tiap seri kameranya. Desainnya yang simpel juga tak akan membuat repot saat dibawa kemana pun termasuk ke hutan sekalipun karena kamera Panasonic Lumix sudah dibekali fixed telezoom sehingga tak perlu repot atau berat membawa lensa tele berbagai ukuran yang besar.

Pada kamera Panasonic Lumix DMC Fz1000 bahkan sudah dibekali kemampun zoom optik hingga 25 kali pembesaran dengan standar lensa tele 25 – 400 mm ditambah sensor 1 inci yang canggih dengan pengoperasian yang mudah bahkan untuk pengguna yang awam sekalipun.

Olympus Tough

Olympus Tough TG-6

Produsen kamera Olympus memang selalu menonjolkan kelebihannya sebagai kamera waterproof yang bisa digunakan bahkan di bawah permukaan laut atau pantai sekalipun tanpa harus khawatir akan merusak komponen penting kamera ini.

Tanpa harus repot menggunakan tambahan perlengkapan pembungkus kamera agar tidak terkena air, kamera Olympus Tough tipe TG 5 bisa langsung dibawa saat snorkling atau bahkan menyelam dengan kedalaman tertentu.

Selain tahan terhadap tekanan air, kamera Olympus juga memiliki kemampuan optival zoom hingga 4x dengan bukaan diafragma f/2 hingga maksimal 25 mm. Terdapat pula fitur macro photography serta imaging raw ditambah kemampuan merekam video dengan kualitas terbaik dengan hasil gambar yang memuaskan bahkan saat digunakan untuk mengambil gambar berbagai biota laut.

Go Pro Hero

GoPro Hero 7

Spesialisasi kamera Go Pro Hero ini memang untuk aktivitas traveling yang menantang seperti memanjat tebing, downhill, paragliding hingga diving. Meski berukuran lumayan kecil namun desainnya yang compact membuatnya tetap kuat digunakan di berbagai medan terberat sekalipun.

Kamera Go Pro ini juga memiliki desain yang bisa menyesuaikan dimana kamera ini ditempatkan dimana pun seperti di helm, di tangan, atau bahkan dipasang di tubuh sekalipun.

Teknologi yang dibenamkan pada kamera Go Pro Hero 7 Black Edition bahkan sudah terbilang canggih karena terdapat fitur hyper smooth yang akan menghasilkan kualitas video yang stabil meski digunakan berbagai medan yang terjal sekalipun tanpa harus khawatir akan berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan.

Fuji Film X Series

Fujifilm X Series

Kamera Fuji Film seri X memang tak perlu diragukan lagi keandalannya sebagai kamera mirrorles yang bisa dijadikan teman untuk mengabadikan aktivitas traveling. Kamera ini sudah dibekali dengan fitur touch screen yang canggih dengan kualitas foto yang detail ditambah sensor CMOS.

Selain itu, kamera Fuji Film seri X juga memiliki kemampuan maksimum shuter speed hingga 1/4000 dengan ditambah kecepatan memoto obyek atau frame per second (fps) mulai dari 14, 11, 8, 4 hingga 3 frame per second. Sehingga tak perlu khawatir kehilangan momen yang memiliki aktivitas atau gerak yang cepat seperti untuk memoto hewan liar, atau pagelaran tari yang membutuhkan kecepatan memoto dengan hasil yang berkualitas.

Canon EOS Series

Canon EOS Series

Meski dikenal sebagai kamera dslr profesional, namun produsen Canon tetap ramah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Sebagai produsen kamera yang berpengalaman, kamera Canon seri EOS sudah dibekali dengan berbagai spesifikasi khusus seperti ISO yang mampu hingga 25600 dengan sensitivitas cahaya yang maksimal.

Selain itu, kamera pro ini juga memiliki kecepatan untuk memoto objek bergerak hingga 60 frame per second (fps). Uniknya meski dikenal sebagai kamera pro dengan teknologi yang canggih harga kamera Canon EOS relatif terjangkau dan berada di kisaran harga Rp. 6 jutaan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kamera berkualitas yang bisa digunakan saat melakukan traveling, meskipun ada banyak kamera yang beredar di pasaran, tapi beberapa merek kamera yang diulas ini sangat efektif untuk menunjang berbagai aktivitas saat traveling bahkan di alam liar atau di bawah permukaan air sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.