Jalur Pendakian Gunung Sumbing Via Butuh Kaliangkrik

Gunung Sumbing. Sumber foto

Gunung Sumbing jadi salah satu destinasi yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Dengan ketinggiannya yang mencapai 3.371 mdpl tentu saja membuat gunung ini jadi yang tertinggi kedua di Jawa Tengah. Rute pendakiannya bisa melalui beberapa jalur di antaranya ialah dari Garung, Capit Parakan, Bowongso, Sipetung hingga jalur pendakian Sumbing via Butuh Kaliangkrik.

Seringnya yang dipakai untuk jalur pendakian ialah melalui Butuh Kaliangkrik, pemandangan yang ditawarkan oleh Dusun Butuh sendiri sangat memukau. Di mana area ini juga dijuluki dengan nama Nepal Van Java karena rumah-rumah yang ada terlihat bertumpuk seperti yang ada di negara Nepal. Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik, bisa mencoba untuk memahami rutenya terlebih dahulu agar nantinya tidak kaget.

Dari Basecamp ke Pos 1

Butuh waktu sekitar 2 jam dari basecamp ke Pos 1 ini, di mana medannya berbatu tapi dengan susunan yang rapi. Ada pemandangan perkebunan milik warga yang bisa kamu nikmati, serta sumber mata air yang dapat digunakan untuk isi ulang persediaan air minum. Untuk perjalanannya sendiri kamu dapat mencoba menyewa jasa ojek yang ada di sekitar, di sini waktu perjalanan bisa sedikit dihemat sekitar 1 jam.

Dari Pos 1 ke Pos 2

Perjalanan butuh waktu sekitar 1 jam dari Pos 1 ke Pos 2, dengan penanda berupa tiang pipa dan bertuliskan Camp 2. Medannya memang sama-sama berbatu, tapi pemandangan yang disuguhkan sangat beda di mana kamu bisa menemukan lebatnya hutan pinus yang membuat udara sedemikian sejuk dan dingin. Treknya bisa dibilang lebih landai dengan tanah datar yang akan kamu temui saat sampai di area ini.

Dari Pos 2 ke Pos 3

Dalam jalur ini kamu akan berada di hutan yang cukup terbuka, dengan trek tanah landai yang bisa jadi sangat licin apabila saat musim hujan tiba. Ada jalur sungai kecil yang dapat kamu pakai untuk isi ulang air minum atau hanya sekedar mencuci muka agar lebih segar. Pemandangan yang disajikan sangat memukau, kamu bisa melihat kota Magelang, Gunung Berapi, Telomoyo, Ungaran, Merbabu, hingga Andong jika cuacanya sangat cerah. Kurang lebih waktu tempuh dari Pos 2 ke Pos 3 ialah 1 jam saja.

Dari Pos 3 ke Pos 4

Dari jalur ini medannya mulai sedikit terbuka dan juga ada semak di kanan kiri, di mana saat siang hari akan terasa sangat terik dan panasnya cukup menyengat. Namun, mungkin waktu tempuhnya yang sampai 2 jam tidak akan terasa karena pemandangan menakjubkan ke arah timur yang bisa kamu nikmati. Di Pos 4 hanya ada tanah luas dan satu pepohonan saja yang tumbuh di sana, karena itulah pos ini dijuluki dengan nama Pos Pohon Tunggal.

Sebagian besar wisata memutuskan untuk mendirikan tenda di area ini, karena bisa menyaksikan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di kaki langit bagian timur. Karena medannya yang sangat terbuka, maka kamu akan merasakan terpaan angin yang cukup kencang di sini. Dari Pos 4 ini sedikit lagi kamu bisa melakukan perjalanan menuju Puncak yakni Puncak Sejati.

Dari Pos 4 ke Puncak

Perlu kamu ketahui bahwa Gunung Sumbing mempunyai beberapa puncak selain Puncak Sejati, yakni Puncak Buntu, Puncak Kawah dan juga Puncak Rajawali. Namun, yang paling dekat dan bisa kamu tempuh dari Butuh Kaliangkrik ialah Puncak Sejati ini. Untuk waktunya estimasi sampai di Puncak Sejati ialah sekitar 1 jam-an. Saat menuju puncak, kamu bisa meninggalkan barang-barang berat lainnya di Pos 4 dan hanya membawa beberapa barang yang sangat penting.

Nantinya setelah perjalanan 1 jam, akan ada pertigaan di mana rutenya ke arah kanan ialah menuju Kawah, Sabana dan juga Puncak Rajawali, sementara itu arah kiri tepat menuju ke Puncak Sejati. Untuk menikmati sunrise yang disajikan oleh Puncak Sejati, kamu harus memulai pendakian kurang lebih pada pukul 04.00 pagi, di mana sunrise yang disajikan bertemankan gugusan dari Gunung Merbabu, Merapi serta Ungaran. Akan sangat bagus saat cuacanya demikian cerah.

Itulah jalur pendakian Sumbing via Butuh Kaliangkrik yang dapat ditempuh dengan estimasi waktu 6-8 jam-an untuk bisa sampai ke Puncak Sejati. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.