Wisata Alam Bernuansa Sejarah di Taman Hutan Raya Juanda

Salah satu spot foto menarik di Kawasan Taman Hutan Raya Juanda. Sumber foto

Wisata Alam dan Sejarah di Taman Hutan Raya Juanda – Jika Anda ingin berwisata ke tempat-tempat yang jauh dari bising perkotaan dan ingin tempat wisata tersebut dikelilingi pepohonan yang lebat, maka Taman Hutan Raya Juanda jawabannya.

Anda akan menemukan banyak sekali peninggalan sejarah yang ditinggalkan para penjajah dulu di negeri ini. Tempat wisata ini terkenal dengan Goa Belanda dan juga Goa Jepangnya. Selain berwisata santai dengan keluarga, Anda juga bisa sembari menelusuri napak tilas sejarah. Karena memang tempat wisata yang satu ini menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan yang telah terjadi beratus-ratus tahun lamanya. Tentunya tempat ini kaya akan nilai sejarah.

Selain itu, suasana serta pesona yang disuguhkan oleh Taman Hutan Raya Juanda ini sangatlah indah. Jauh dari kebisingan, klakson kendaraan, dan dikelilingi pepohonan yang rindang dan sangat rimbun sekali.

Anda akan sangat merasa tenang dan juga benar-benar merasa rileks pada saat berada di tempat wisata ini. Memang tempat wisata yang satu ini adalah taman hutan raya yang mana artinya tempat ini dikelola oleh pemerintah. 

Luas dari tempat ini adalah sekitar 590 hektar. Memang sangatlah luas, namun jika Anda hanya ingin pergi ke beberapa tempat itu tidak akan menjadi masalah sebab jarak antar satu tempat ke tempat lainnya tidak terlalu jauh.

Mungkin hanya curugnya saja yang bisa dibilang cukup jauh, namun sisanya seperti Goa Belanda dan Goa Jepang dapat Anda tempuh dengan berjalan kaki saja. Tentu ini sangat dekat dan terjangkau oleh Anda.

Anda juga akan menjumpai berbagai restoran atau tempat makan yang menyediakan berbagai jenis makanan, mulai dari makanan modern hingga makanan tradisional yang dimana khususnya disini adalah masakan sunda. Nasi cikur menjadi favorit para pengunjung. Karena rasanya yang unik dan juga tidak dapat ditemukan di tempat lain kecuali di Jawa Barat, khususnya Bandung saja. Dan tentu Anda harus mencoba menu makanan yang satu ini.

Terdapat beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi jika Anda berencana untuk berkunjung ke Taman Hutan Raya Juanda ini, yaitu:

  • Monumen Ir. H. Djuanda
  • Goa Jepang
  • Goa Belanda
  • Curug Dago
  • Curug Omas
  • Curug Lalay
  • Museum Ir. H. Djuanda, dan terakhir adalah;
  • Prasasti Raja Thailand

Sangat banyak bukan destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Taman Hutan Raya Juanda ini? Tentu tempat ini sangat sesuai dengan Anda yang sudah berkeluarga ataupun masih sendiri. Karena tempat ini bisa jadi pelepas penat Anda.

Untuk harga tiket masuk ke THR ini bisa terbilang cukup murah yaitu hanya 15 ribu. Jam operasionalnya sendiri mulai dari jam 6 pagi hingga  6 sore. Kalau weekend ini kalian mau ke sana, jangan lupa catat alamat lengkapnya ya:

Kompleks Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Nomor 99, Desa Dago Pakar, Kecamatan Ciburial, Cimenyan, Bandung Jawa Barat.Nah mungkin itu saja sedikit ulasan tentang THR Juanda semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.